Monday, June 16, 2014

Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Pensiun


Setelah berurusan dengan berbagai tantangan dalam karir, Anda mungkin merasa ingin tak melakukan apapun di masa pensiun. Bisa saja Anda tak mengharapkan apapun selain bersantai dan menikmati hidup yang telah dikaruniakan.

Tapi, biasanya ada kejenuhan setelah beberapa bulan saja menjalani pensiun dan memiliki waktu yang begitu senggang. Anda mulai berpikir tentang bagaimana menyibukkan diri selama 20 tahun ke depan atau lebih. Dengan memiliki banyak peluang di masa pensiun, Anda perlu memutuskan kegiatan apa yang akan digeluti dan fokus di dalamnya.

Berikut ini lima pertimbangan untuk tujuan pensiun seperti yang dilansir Daily Finance.

Karir kedua. 
Bagi sebagian orang, pensiun menawarkan kesempatan akhir untuk mengubah karir. Pekerjaan sebelumnya yang mungkin meninggalkan perasaan kurang dihargai pada Anda dapat diganti dengan mencapai segala sesuatu yang baru. Anda bisa mengejar karir kedua yang berfokus pada apa yang Anda sukai, tanpa beban finansial untuk memenuhi kebutuhan lagi. Lagipula pekerjaan di masa pensiun tidak perlu harus full time. Anda bisa menerima tawaran posisi untuk masa kerja mingguan yang singkat atau hanya masuk kerja beberapa kali dalam setahun. Lebih dari itu, jika untuk beberapa alasan ternyata pekerjaan baru Anda tidak berhasil, Anda masih tetap bisa hengkang dan menemukan sesuatu yang lain yang lebih baik sesuai preferensi Anda.

Menenangkan diri. 
Jika karir baru bukan pilihan Anda, pensiun mungkin waktu yang tepat bagi Anda untuk menenangkan diri kembali. Tidak semua ketrampilan yang Anda kembangkan pada pekerkjaan bisa selalu diterjemahkan dengan baik ketika hidup sebagai seorang pensiunan. Bekerja berjam-jam dan mengejar prestasi pada umumnya memang dapat memuaskan Anda di tempat kerja, tetapi bisa membuat sulit untuk bersantai dan menikmati hidup di masa pensiun. Ketika Anda tidak lagi nyaman dengan segala persyaratan untuk pekerjaan, Anda bebas untuk fokus pada aspek kepribadian Anda yang dapat memberi bekal lebih baik di kehidupan pensiun Anda.

Relawan. 
Menyibukkan diri sebagai relawan mungkin bisa jadi cara bagi Anda menerapkan ketrampilan yang telah dikembangkan untuk kehidupan bisnis Anda di luar ruang gerak perusahaan. Bekerja untuk suatu alasan yang menginspirasi Anda dapat membuat pensiun Anda jauh lebih memuaskan. Banyak pensiunan murah hati menawarkan waktu mereka untuk tujuan mulia. Luangkan waktu Anda untuk menemukan kesempatan yang tepat dan bernilai bagi Anda. Bila Anda menemukan posisi relawan yang bagus, semua orang yang terlibat akan bergembira.

Berkarya. 
Pensiun dapat memungkinkan Anda untuk lebih memperhatikan sisi kreatif Anda. Banyak orang yang bekerja dipaksa untuk memendam energi kreatif mereka karena hampir tak pernah ada waktu untuk itu. Dalam masa pensiun, Anda dapat memaksimalkan bakat untuk menjadi penulis, penyanyi, aktor, pelukis, atau bahkan apapun yang senantiasa Anda inginkan. Di samping itu, karena Anda bebas dari kewajiban untuk memberikan nafkah, keberhasilan dapat diukur dalam kebahagiaan Anda dalam pengalaman mengejar hasrat Anda.

Relaksasi. 
Anda tidak perlu harus melakukan sesuatu yang berarti atau signifikan dalam keseharian sebagai pensiunan. Anda bebas untuk melakukan apapun yang diinginkan sebanyak-banyaknya atau sesedikit-sedikitnya. Selama Anda menikmati apa yang Anda lakukan dengan waktu pensiun, Anda sukses. Selalu ada ruang untuk menurunkan ketegangan dalam masa pensiun. Ketika masih berkarir mungkin terus bergelut dengan waktu karena ada target yang harus dicapai. Bahkan tak jarang yang targetnya itu dirancang untuk mendorong diri sendiri hingga melampaui batas kemampuannya. Kini, Anda dapat berharap menciptakan target yang penting bagi diri sendiri, bukan perusahaan.

Dalam pensiun Anda bisa memutuskan apa yang ingin Anda lakukan. Jika Anda ingin menjadi produktif menggunakan waktu Anda sebagai seorang pensiunan, Anda memiliki banyak pilihan untuk menjadi sukarelawan, menciptakan sesuatu yang baru, atau bekerja di karir kedua pada minat Anda sendiri. Tetapi jika tak ada pilihan tersebut menarik bagi Anda, Anda bahkan dapat memutuskan untuk tak melakukan apapun sama sekali.

Sumber :
http://bisnis.news.viva.co.id

No comments:

Post a Comment

Related Posts