Monday, December 30, 2013

Konsultan dan Praktisi


Menurut kamus, bahasa indonesia,

Konsultan adalah ahli yg tugasnya memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiatan (penelitian, dagang, dsb); penasihat.

Praktisi didefiniskan sebagai pelaksana atau orang yang biasa melaksanakan.

Konsultan dibutuhkan bukan hanya karena kompetensi mereka (akumulasi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan) tetapi juga karena posisi mereka yang dianggap netral sebagai orang luar sehingga diharapkan sanggup melihat persoalan secara jernih di dalam sebuah perusahaan karena mereka tidak punya kepentingan.”

Banyak seorang praktisi yang sangat berpengalaman dibidang tertentu bisa menjadi seorang konsultan yang sangat handal..

Misalnya Warren Buffet, Bob sadino, Ono W Purbo, adalah orang-orang yang berlatar belakang praktisi yang menjelma menjadi panutan dibidangnya masing-masing, dan pendapatnya banyak diikuti oleh banyak orang. bisa dikatakan, mereka adalah konsultan sekaligus praktisi yang sangat berhasil.

Konsultan-konsultan yang bergerak dari seorang praktisi mayoritas bisa lebih berhasil dalam implementasi saran-sarannya di perusahaan atau tempat-tempat yang memerlukan perbaikan atau pengembangan organisasinya, karena apa yang mereka sarankan berdasarkan pengalaman-pengalaman dilapangan yang kadang tidak didapatkan dibangku pendidikan.

Tidak setiap konsultan bisa jadi praktisi, namun Setiap Praktisi kemungkinan besar bisa menjadi konsultan yang berhasil …

Sumber :
http://kusumah.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts